Kamis, 22 Oktober 2009

Internet pada awalnya dikembangkan tahun1969 dengan nama ARPANEt oleh DARPA (Defense Advanced Research Project Agency) milik Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Tujuan semula dibentuknya Internet ini adalah untuk membuat suatu jaringan komputer tersebar, yakni jika terjadi peperangan, informasi tidak akan hilang karena informasi disimpan secara tersebar tidak pada satu titik.
Internet merupakan kumpulan dari jaringan komputer yang jumlahnya jutaan, yaitu LAN, MAN, ataupun WAN yang saling terhubung dengan menggunakan protokol TCP/IP. Media penghubung Internet bisa berupa kabel, satelit, ataupun gelombang radio. Dengan adanya Internet maka semua komputer di seluruh dunia terhubung menjadi satu jaringan Web yang bisa saling berkomunikasi.


Perangkat Keras Untuk Akses Internet

Perangkat keras yang dibutuhkan untuk menghubungkan suatu komputer pribadi ke

Perangkat keras yang dibutuhkan untuk menghubungkan suatu computer pribadi ke internet, yaitu sebagai berikut.





a. Computer digunakan sebagai media utuk melakukan komunikasi
b. Modem sebagai penghubung antara computer dan saluran telepon
c. Webcam, mik, dan speaker digunakan jika anda ingin melakukan komunikasi tatap muka.

Adapun cara koneksi Internet Indonesia yang biasa digunakan adalah sebagai berikut.
a. Dial-up, diakses melalui modem dengan variasi kecepatan mulai 14,4 Kbps hingga 56 Kbps.
b. DSL (­Digital Subciber Line), ISDN (Integrated System Digital Network), dan VSAT (Very Small ApertureTerminal) merupakan layanan-layanan internet yang memberikan kecepatan transmisi lebih cepat dari Dial-up. Oleh karena itu, layanan-layanan yang mahal tersebut biasanya dipakai perusahaan-perusahaan besar atau institusi pemerintah.
c. GPRS atau General Paket Radio Service yang merupakan salah satu standar komunikasi nirkabel. Standar lainnya, yaitu WAP (wireless Aplication Protocol) yang memiliki kecepatan 9,6 Kbps.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar